Monday, October 6, 2008

Mau Kemana???

KENAPA AKU DISINI????

(sebuah cerita singkat seorang Rangga)


Entah kenapa pertanyaan ini muncul tiba-tiba saat aku duduk mendengarkan ceramah salah satu dosen di kampusku. Bermula dari sebuah perkatan, dosen tua yang mengajar di kampusku. Beliau bertanya kepadaku, seperti ini,

“Rangga… apa tujuanmu sekolah di sini?” Tanya dosen itu.

Jelas aku menjawab, “ya untuk belajar, Pak”

Seketika darah ku berpacu mengikuti setiap detak dalam dadaku. Otakku seakan di pacu dengan sekelumit pertanyaan dan jawaban yang aku anggap adalah tepat.

Selang beberapa detik aku memikirkan jawabanku. Disamping itu,aku mendengar jawabn dari temanku yang yakin akan masa depannya. Sebagian mereka menjawab, “Ya.. jadi pendeta, kan saya belajar untuk jadi pendeta” dan sebagian lagi mengatakan “Ahhh jadi guru lah Pak, wong saya jurusan oendidikan”. Aku tercengang mendengar itu semua, dalam benakku apakah mentang-mentang kuliah di teologia kita wajib jadi pendeta. Terus terang aku tidak meremehkan jawaban teman-temanku, tapi aku merasa bahwa masa depan kita ditentukan dari apa yang kita pelajari. Aku kagum saat ini dengan semua yang telah aku pelajari di kampus ku ini.

Dalam pikiranku, aku belum pernah ingin jadi seorang pendeta, bagiku itu adalah jalan panjang yang aku harus tempuh. Aku ingin menikmati perjalanan hidupku sebelum aku yakin, bahwa aku mengambil jalan yang akan menghantuiku sepanjang sisa hidupku.

Kini, aku semakin berfikir “untuk apa aku disini”, sebuah pertanyaan yang mungkin di jawab dengan kebohongan. Kebohongan agar kita merasa tenang dan tiak mau keluar dari ZONA AMAN PRIBADI KITA. Buku, pena dan Alkitab kini menjadi alatku untuk melangkah, entah sampai kapan aku tahu akhir dari pertanyaan ini, namun yang pasti “hidu adalah perjuangan dan setipa perjuangan itu membutuhkan pilihan dan setipa pilihan membutuhkan keyakinan untuk melangkah”


Sepenggal kisah di sudut ruangan kampus tercintaku___

Rangga Prayoga Aditama


No comments: